Pinjaman Dana Pendidikan di PINDUIT

Pinjaman Dana Pendidikan di PINDUIT

Saat masih usia anak-anak, kalau ditanya hobinya apa? Jawabannya pasti menggambar, karena dari kecil suka sekali mengambar, sampai sempat les menggambar.Setiap ikut lomba menggambar,  Alhamdulilah selalu menang, mulai dari melukis di atas kertas, kanvas, bahkan pernah ikut lomba melukis payung yang pesertanya hampir seribu orang, ternyata bisa menang, walaupun bukan juara satu, tapi cukup bangga juga karena pesertanya dari seluruh Indonesia.Kenapa bicara tentang menggambar, karena saat ini lagi pengen banget sekolah atau kursus design, tapi terkendala biaya, tahu dong sekolah design itu tidak murah, tapi sekarang ini sedang naik daun pinjaman online dan ada pinjaman online khusus untuk pendidikan, ada beberapa Fintech yang menawarkan pinjaman pendidikan, tapi mau coba kepoin Fintech Pinduit dulu ya!.

 

Apa sih Pinduit ?

Pinduit adalah PT.Pinduit Teknologi Indonesia, perusahaan legal yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas jasa keuangan (OJK) yang bergerak di bidang layanan keuangan berbasis teknologi yang menyediakan platform online guna menghubungkan kreditor dan debitor untuk biaya pendidikan. Melalui platform Pinduit mempertemukan kreditor (pemberi pinjaman) dan debitor (penerima pinjaman) dalam hal melakukan kegiatan pinjam meminjam uang. Pinduit menyediakan akses kredit tanpa agunan atau tanpa kartu kredit yang ditujukan khusus untuk pendidikan dengan cara mencicil pembayaran pendidikan melalu Pinduit.Pinjaman dana dikhususkan untuk pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal seperti sekolah, kuliah, kursus.Program pinjaman pendidikan Pinduit bisa untuk siapa saja warga Negara Indonesia (WNI) baik itu pelajar, mahasiswa atau mahasiswi, karyawan dan orang tua yang membutuhkan dana untuk pendidikan anak Preschool, SD, SMP dan SMA, Universitas negeri atau Universitas swasta, akademi / institusi, dan tempat kursus.Pihak sekolah, kampus dan tempat kursus juga bisa bekerjasama dengan Pinduit agar biaya di tempat pendidikan tersebut dapat dicicil.

 

Siapa Saja Yang Bisa Mengajukan Pinjaman Pinduit

Ternyata Pinduit memudahkan siapapun untuk bisa mengajukan permohonan pinjaman dengan syarat usia 21 tahun keatas, kecuali bagi pelajar boleh mengajukan asalkan ada penjamin, oh ya disini pendaftaran bisa pakai komputer atau smartphone, tapi jika pakai smartphone, wajib menggunakan smartphone pribadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan Pinjaman hanya untuk yang berdomisili di wilayah pulau Jawa, jadi untuk yang berada di selain pulau jawa, bersabar dulu ya, semoga kedepan ada FinTech yang bisa memberikan pinjaman di seluruh pulau Indonesia.

Dokumen yang dibutuhkan

Disini dokumen yang dibutuhkan lumayan banyak ya, jadi sebelum mengakses Pinduit di website siapkan terlebih dahulu soft copy dokumen yang diperlukan dan foto harus tampak jelas tidak boleh buram.Dokumen yang diperlu disiapkan antara lain :

  1. Foto selfi bersama KTP

  2. Foto KK

  3. NPWP

  4. Rekening koran / Rekening Bank Pribadi 3 bula terakhir

  5. Khusus karyawan swasta atau pegawai negeri harus melampirkan slip gaji

  6. Dokumen pendukung, kartu pelajar/kartu mahasiswa atau surat keterangan aktif sekolah/kuliah/kursus

  7. Identitas lengkap penjamin (apabila ada)

  8. Daftar penghasilan dan pengeluaran bulanan

  9. Apabila memiliki usaha, diwajibkan memiliki Surat izin usaha dan foto tempat usaha.

Setelah semua soft copy dokumen yang diperlukan sudah disiapkan, lanjut lihat nilai pinjaman dan tenor yang diberikan oleh Pinduit, baca dengan lebih teliti ya agar tidak salah pilih.

 

Nilai Pinjaman dan tenor

Sebelum mendafatar atau mengajukan pinjaman, sebaiknya lihat dulu pinjaman yang ditawarkan Pinduit, tentukan pinjaman dana sesuai kebutuhan dan kemampuan, serem juga kan kalau tiba-tiba tidak bisa bayar cicilan karena ambil pinjaman yang tidak sesuai kemampuan.Dilihat dari nilai pinjaman yang di tawarkan Pinduit, berada dikisaran 5 juta – 350 juta Rupiah, sangat membantu sekali, karena biaya sekolah mahal, untuk masuk sekolah SD negeri yang gratis saja, ada syarat anak harus berusia 7 tahun, otomatis anak usia di bawah tujuh tahun tidak bisa masuk SD negeri, misalnya anak usia 6 tahun 6 bulan tidak bisa masuk sekolah negeri, akhirnya masuk sekolah swasta yang biaya masuknya aja bisa mencapai puluhan juta bahkan bisa ratusan juta, belum ditambah biaya SPP bulanan, biaya buku dan les tambahan, jadi curhat deh ibu-ibu ini!, pokoknya sangat membantu sekali pinjaman online khusus pendidikan. Bunga pinjaman Pinduit mulai dari 0,75 % flat setiap bulan, dengan jangka waktu pembayaran cicilan mulai dari 1 hingga 12 bulan atau tergantung lama pendidikan, Pinduit juga ada biaya admin fee mulai dari 1% dari biaya pendidikan yang diambil.Pinduit menerapkan sistem DP atau pembayaran pertama/dimuka sebesar 20% di bulan pertama sebelum dilakukan pencairan dana atau pembayaran ke sekolah, dan angsuran pertama dibayarkan di bulan kedua dan seterusnya.

 

Cara Daftar

Waktu pendafataran bisa kapan saja, sepanjang tahun bisa melakukan pendaftaran, meskipun belum tahu biaya pendidikan yang kita inginkan tetap bisa mendaftar.Pendaftaran untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan cukup mudah, bisa lewat website Pinduit https://pinduit.id/ , Aplikasi Ayopop melalui smartphone bisa diinstal melalui playstore atau App store atau di nomer whatsapp Pinduit 081210995481.untuk pendaftaran via website, caranya seperti ini :

  1. Isi data diri seperti nama, email, no handphone

  2. Baca syarat dan ketentuan dengan teliti, karena ada banyak poin penting disana, jika setuju beri ceklist

  3. Isi kategori pendidikan yang akan dipilih seperti universitas, kursus atau sekolah.

  4. Setalah itu isi form Masukan Detail Pinjaman, disana ada beberapa kolom yang harus diisi otomatis mulai dari pilihan pendidikan , Nama institusi, lokasi pendidikan , Periode pinjaman 1- 12 bulan, dan biaya pendidikan yang otomatis dan nominal pembayaran pertama atau DP, Setelah itu klik Dapatkan penawaran.

  5. Akan keluar form total perhitungan pinjaman lengkap plus nominal pembayaran pertama atau DP sebelum pendidikan dimulai, setelah itu klik ajukan pinjaman.

Pemberitahuan pinjaman disetujui atau tidak selama 3 -4 hari kerja dan jika disetujui dana akan cair 1-3 hari kerja, Dana akan di transfer langsung ke lembaga pendidikan yang sudah kita pilih sebelumnya, jadi bukan kerekening peminjam dana.

Sayangnya saat mencoba mengklik kolom nama institusi, tidak ada nama institusi yang sedang diinginkan atau institusi pendidikan tersebut belum bekerjasama dengan Pinduit, jadi tidak bisa lanjut melakukan pinjaman, semoga kedepan sudah banyak institusi pendidikan yang bekerjasama dengan FinTech yang khusus menyediakan pinjaman dana pendidikan.

 

Cara Pembayaran

Jika sudah disetujui dan dana pinjaman sudah ditransfer ke rekening institusi pendidikan, kewajiban kita adalah cukup membayar sebelum jatuh tempo.Pembayaran bisa dilakukan via transfer melalui ATM atau Internet banking dengan menggunakan nomor virtual account yang akan diberikan pihak Pinduit.Harus bayar tepat waktu jika tidak ingin di black list, karena jika ada keterlambatan pembayaran selama 7 hari sejak jatuh tempo, maka akan di kenakan denda 4% dari nilai cicilan dan dikenakan denda 0.5% perhari setelah itu atau yang paling ekstrim pendidikan akan diputus di tengah jalan.

 

Kelebihan Pinduit

  • Menawarkan pinjaman dana khusus untuk pendidikan

  • Pendaftaran mudah dan cepat, semua melalui online

  • Nilai pinjaman yang ditawarkan bisa membantu masyarakat menengah kebawah untuk menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

  • Pembayaran cicilan yang mudah dan perhitungan yang transparan

Kekurangan

  • Institusi pendidikan yang bekerja sama dengan Pinduit belum terlalu banyak.

  • Adanya kewajiban membayar pembayaran pertama atau DP sebesar 20%

  • Pinjaman belum menjangkau seluruh pulau di Indonesia, hanya untuk pulau Jawa.

 

Kesimpulan

Pinduit termasuk Financial Technology (FinTech) yang sangat membantu sekali karena menawarkan produk pinjaman dana cicilan untuk pendidikan, yang bertujuan agar bisa mempermudah dan membantu masyarakat Indonesia bisa menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.karena visi dan misi Pinduit memang ingin memajukan perekonomian masayarakat Indonesia melalui pendidikan.Dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat, masyarakat sudah bisa mengajukan pinjaman dana, sayangnya belum semua masyarakat bisa mengakses pinjaman online Pinduit karena pinjaman hanya bisa dilakukan di wilayah pulau Jawa, semoga kedepannya seluruh pulau di Indonesia bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan di Pinduit.

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.