Layanan Fintech Syariah Dari Indonesia Mencuri Perhatian Dunia

Layanan Fintech Syariah Dari Indonesia Mencuri Perhatian Dunia

Sebuah layanan fintech yang merupakan startup asal Indonesia bernama Ethis Crowd ternyata berhasil menyita perhatian dunia. Hal ini karena, mereka menggunakan platform crowdfunding berbasis syariah untuk bisnis properti.

Ethis Crowd sendiri menggunakan platform fintech untuk memudahkan masyarakat dalam berinvestasi di bidang pengembangan properti di Indonesia, terutama dalam proyek yang memiliki dampak sosial.

Semua pembiayaan dan pengembalian layanan ini menggunakan prinsip-prinsip syariah. Para investor yang tertarik dapat membuka situs resmi Ethis Crowd dan memilih sendiri proyek yang ingin didanai. Selain itu, pengembang yang ingin mendapatkan pendanaan proyek juga bisa mengajukan melalui platform tersebut.

"Semua berawal ketika saya menjadi sukarelawan untuk membantu korban banjir di Jakarta. Saya banyak melihat masyarakat yang tinggal di lingkungan tidak layak, bahkan terkadang harus membayar mahal. Saya berhenti dari pekerjaan dan akhirnya mendirikan Ethis Crowd," ujar Co-founder Ethis Crowd Ronald Wijaya, Jumat (25/5/2018).

Ronald menambahkan, selama empat tahun terakhir Ethis Crowd telah berjuang untuk mengatasi krisis perumahan.

"Hari ini, kami telah berhasil menyediakan lebih dari 5.000 unit rumah murah di Indonesia dan Malaysia. Kami percaya bahwa konsep kami akan menguntungkan pemerintah, pengembang, investor dan yang lebih penting, pembeli rumah. Ethis Crowd menunjukkan bahwa perumahan harga terjangkau tetap bisa layak secara komersial," ujarnya.

Menurutnya, lebih dari 20.000 investor dan donatur dari 65 negara telah tergabung dalam platform Ethis Crowd. Sekitar 60% investasi berasal dari Singapura, serta terjadi peningkatan jumlah investor yang berasal dari Timur Tengah.

Ide yang menarik ini pun ikut mendapatkan dukungan besar dari Expo Live, yang diadakan oleh penyelenggara World Expo. Di tahun 2018 ini, Ethis Crowd mendapat hibah USD 100.000 dari Dubai Expo 2020. Tahap berikutnya alias tahun depan, hibahnya akan bertambah lagi sampai dengan USD 500.000

Pendanaan dalam bentuk hibah dari Expo Live akan membantu tim Ethis Crowd tumbuh dan menyediakan rumah bagi lebih banyak orang di berbagai negara.

"Pencapaian kami dalam empat tahun terakhir patut disyukuri, mengingat sampai detik ini kami masih tumbuh dengan sangat organik. Kami mendapatkan investor dengan biaya promosi yang cukup minim. Sebagian besar investor kami datang dari media sosial," tambahnya.

Menurut Ronald, saat ini pihaknya sedang mematangkan sebuah konsep rumah rakyat di ibu kota. "Dengan harga terjangkau, diharapkan masyarakat berpenghasilan terbatas pun bisa ikut memiliki rumah idaman," tandasnya.

Sumber: Detik

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.