4 Fintech Ini Bantu Pembiayaan Dunia Pendidikan

4 Fintech Ini Bantu Pembiayaan Dunia Pendidikan

Dunia Pendidikan di Indonesia masih terus perlu untuk dikembangkan. Tingkat pendidikan di Indonesia belum merata, seiring dengan juga masih belum meratanya infrastruktur pendidikan di berbagai daerah. Bahkan kesempatan seluruh masyarakat untuk mendapatkan pendidikan juga belum sepenuhnya bisa direalisasikan oleh Pemerintah. Karenanya, fintech hadir untuk menjembatani problem pendidikan khususnya masalah pembiayaan. 

Ada 4 perusahaan fintech yang terdaftar resmi di OJK yang secara spesifik membidik dunia pendidikan dengan tujuan yang sama, menjembatani antara kebutuhan untuk biaya pendidikan dengan pemilik dana. Apa saja fintech yang fokus di pembiayaan pendidikan ? 


1. Dana Cita
Dana Cita hadir untuk menurunkan kendala keuangan berpendidikan tinggi di Indonesia. Dana Cita mengusung misi untuk memperluas akses bagi semua pelajar dengan menjembatani kesenjangan dalam kesanggupan pembiayaan. 

Melalui platformnya Dana Cita, pelajar dapat memperoleh pinjaman terjangkau untuk menuntut ilmu di lembaga pendidikan tinggi dan program vokasi terpilih. Peminjaman bisa dilakukan untuk pembayaran beberapa macam biaya akademis seperti biaya pangkal, biaya gedung, biaya semester, dan beberapa biaya akademis lainnya yang ditagihkan dan bisa kami bayarkan langsung ke rekening lembaga pendidikan.
Nilai pinjaman sesuai dengan pengajuan dan bisa mencapai maksimal biaya pendidikan 6 tahun dengan bunga di kisaran 1-1,75% per bulan. 

 

2. Dana Didik
DANAdidik adalah situs penggalangan dana (crowdfunding) khusus untuk pinjaman pendidikan tinggi. Wadah Kolaborasi bagi anak didik yang membutuhkan pinjaman pendidikan tinggi dengan investor yang ingin memberikan dampak sosial secara profesional.

Pinjaman pendidikan DANAdidik adalah kredit pendidikan khusus untuk kuliah. Pinjaman ini mempunyai karakteristik unik student loan, seperti:
Ringan: Tidak membayar bunga ketika kuliah: bunga 0% + servis fee
Tenor Panjang: sampai dengan 4 tahun
Sistem pengembalian bersahabat: dengan sistem bagi-hasil. Mahasiswa hanya membayar 10 – 30% dari penghasilan ketika sudah bekerja. Baca Mekanisme Pengembalian
Pelunasan awal: bunga jauh lebih rendah dari pinjaman bank di 1.67% flat /per bulan


3. Cicil
CICIL adalah sebuah financial technology platform yang memungkinkan mahasiswa untuk berbelanja online dengan cicilan ringan per bulan. Dengan solusi ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa karena saat ini opsi pembayaran cicilan bagi mahasiswa sangatlah terbatas. Dengan menggunakan layanan CICIL maka mahasiswa bisa mendapatkan kebutuhannya untuk menunjang kegiatan pendidikannya. 

Selain itu, CICIL juga menyediakan pembiayaan kuliah yang nilai limitnya mencapai 80% dari biaya pendidikan yang diperlukan, dan dengan bunga 1-1,5% per bulan.

 

4. Pinduit
Program Pinjaman Pendidikan Pinduit adalah salah satu produk Pinduit yang memberikan kesempatan kepada seluruh siswa/i, mahasiswa/i, dan orang tua agar bisa melakukan pembayaran pendidikan dengan cara dicicil melalui Pinduit. Pihak sekolah atau institusi juga dapat bekerjasama dengan Pinduit agar pembayaran di tempat pendidikan tersebut dapat dicicil.

Pinduit menawarkan pembiayaan pendidikan dengan suku bunga mulai dari 1% per bulan. 

 

Dengan adanya layanan fintech untuk pembiayaan pendidikan, maka tentunya diharapkan bisa berkontribusi pada meluasnya kesempatan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang baik. 

Subscribe Newsletter

Dapatkan info terbaru mengenai Finansial Teknologi. Kami tidak melakukan spam dan email anda tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

Copyright © 2019 Fintektok - All Rights Reserved.